Di motor injeksi, jika mesin mati mendadak, banyak yang langsung
mengecek sekring. Sebab biasanya karena sekring putus. Nah, apabila
kondisinya aman-aman, saja sudah pasti pusing. Mekanik pun banyak
tertipu. Hal seperti ini acap terjadi pada Yamaha V-ixion.
Setidaknya
itulah pengalaman yang sering ditemui Afandi. Pebengkel Afmos Motor ini
terkenal sebagai mekanik khusus V-ixion. "Awalnya membuat semua mekanik
kelimpungan. Sebab ciri-cirinya menunjukkan sekring putus, tapi jika
dilihat ternyata tidak putus," ceritanya.
Lebih jelasnya, Fandi menceritakan dua ciri-ciri awal
penyakit ini. Pertama, saat motor jalan, mesin mendadak mati. Padahal
lampu indikator kuning dan merah menyala.
Kejadian kedua biasanya
terjadi adalah saat motor dipakai, lampu indikator yang berwarna kuning
menyala. Kemudian jika lampu dinyalakan, maka mesin akan mati.
"Kedua
ciri dan penyakit seperti itu sering banget terjadi. Keluhan seperti
itu datang dari para anggota Yamaha V-ixion Club Indonesia (YVCI),"
tambah mekanik yang menjadi rujukan komunitas ini.
Menurut Fandi lagi, jika mekanik yang didatangi kurang paham penyakit
seperti, akan membuat belanja banyak. "Ada yang karena mengikuti
mekanik, harus belanja aki, sepul sampai kiprok. Padahal masalahnya
tetap saja tidak bisa diobati," kata pebengkel di Jl. Ciledug Raya No.
58D, Petukangan Utara, Jakarta Selatan ini.
Setelah beberapa kali
memperhatikan kelistrikan dan sekring, akhirnya Fandi mencoba untuk
mengganti sekringnya saja. "Walaupun kondisinya tidak putus, tapi
penasaran. Sebab komponen kelistrikan lainnya dalam kondisi baik.
Akhirnya saya berkesimpulan, sebaiknya mencoba mengganti sekring dengan
yang kualitasnya lebih baik," ceritanya panjang-lebar.
Ternyata
setelah ganti sekring, masalah tadi tidak pernah terjadi lagi. "Artinya,
penyakit selama ini memang karena sekring. Kita jadi tertipu karena
kondisinya tidak putus. Beda halnya kalau terlihat putus, kita langsung
tau," tambah pria yang bisa diajak ngomong di 0878-8008-1119.
Katanya,
masalah ini sering terjadi pada motor yang berumur di atas 1 tahun.
"Jadi, menurut analisa saya, jika V-xion sudah berumur, sekringnya
gampang panas. Jika panas, daya antar listriknya jadi berkurang.
Sehingga timbul masalah seperti tadi," kata pria ramah ini.
Namun
kudu pilih sekring khusus. Untuk spesifikasi penggantinya, Fandi tetap
menggunakan sekring 20 ampere, sama dengan aslinya. Perbedaan akan
terlihat, jika diperhatikan secara detail dan seksama.
"Sepertinya
bagian elemen fuse pengganti ini terlihat lebih kokoh. Sehingga analisa
saya, lebih tanah panas dan stabil dalam mengantarkan arus listrik,"
cuapnya.
Fandi menggunakan sekring yang biasa dipakai mobil.
Mereknya Flasser. "Saat turing jambore ke Wonogiri beberapa waktu lalu,
banyak yang bermasalah seperti ini. Untunglah bawa sekring banyak,"
ungkapnya.
Untuk harganya, tidak mahal. Hanya Rp 5 ribu. Sama
dengan harga sekring standar di bengkel resmi. Tapi, masalah kekuatannya
terbukti mantap. (motorplus-online.com)
mungkin punyaku juga karna sekringnya ya gan??
BalasHapusvixionku di starter electrick ga nyala, di kick stsrter malah nyala
injeksi mati, radiator mati,,,,
Agan fandi, ketika mesin dalam keadaan panas, kelistrikan motor saya jd ga karuan. Ampere rpm naik turun ketika lampu sen menyala. Lampu jadi redup, itu knp ya gan?
BalasHapusmotor saya juga masalahnya sama seperti itu kenapa ya?
Hapuslaj kalo vixionku sama dg mas ryan ,,gimana ya gan6 nanganinya?
BalasHapusbang mau nanya klo vixion 2009 amannya pake sekring brpa ampere? belum lama sekering meleleh? itu penyebabnya apa ya bang? mohon pencerahannya......
BalasHapusuda ganti aki 4x kiprok 2 x dalm kurun stgh tahun,kabel body aman, masih mati2 aja
BalasHapusMasukkan komentar Anda...
BalasHapusBang fandy, vixion saya mati total waktu ngisi bbm. Tidak bisa hidup lagi. Busi udah diganti, tetep aja mati gak mau hidup, apa penyakitnya ea bang ?
Makasih bang, Alhamdulillah motor saya skrng sudah bisa...gk konslet lagi.... saya kira akinya yang drop, padahal seringnya yg putus. Khawatir banget
BalasHapusMakasih bang, Alhamdulillah motor saya skrng sudah bisa...gk konslet lagi.... saya kira akinya yang drop, padahal seringnya yg putus. Khawatir banget
BalasHapusBos vixion saya fuel pump nya tidak berfungsi... padahal waktu coba di lepaskn dari tangki setelah di bersikan alat pompax aktif dan sempritannya bagus. Tpi setelah di pasang kembali.. dan coba kontak lampu indikator gak nyalah dn fuel pumpnya juga gak bekerja. Mohon skali penjelasan dari bos....
BalasHapusSelamat pagi mas.motor saya vixi 2012.motor saya bermasalah dgn rpm'nya mas.klo motor dinyalakan dan lampuh sein juga dinyalakan ditambah lampu jauh dan rem.rpm motor saya langsung drop ke angka nol.apalagi klo pas perjalanan jauh turun ke nol.padahal blm sebulan saya gantj spulnya.kemarin sempat kebengkel resmi yamaha dicek kiprok.aki.dan sekringnya bagus2 az mas..mohon solusinya mas.....trimahkasih
BalasHapusMau tanya bang..vixion saya pas di kontak ON suara injeksinya tidak ada..starter juga tidak berfungsi dan di kick starter juga tidak nyala..dan tidak ada kode kerusakan menyala.terus saya langsung membuka kabel starternya..dan di sambung langsung pun tidak berfungsi.itu kenapa ya..mohon penjelasannya
BalasHapusBang vixion saya starter tidak berfungsi..kabel starter di bypass pun tidak berfungsi.bunyi injeksi tidak ada pada saat kontak ON.di kick starter juga tidak nyala.mohon penjelasannya
BalasHapusBang mau nanya bixiin saya thn 2014 lampu utama dalam 4 hari 2x ganti padahal kelistrikannya gada kendala.kira kira masalah nya apa ya
BalasHapusVixion saya injeksinya kadang bunyi kadang nggak, normalkah?? Apa tanda adanya masalah di injeksi?? Mohon penjelasannya..terima kasih 🙏🏼
BalasHapus